Lazada Indonesia
News Update :
Home » , » Masa Kecil

Masa Kecil

Penulis : Unknown on Monday, April 14, 2014 | 10:01 AM


    Desa jenar, adalah nama salah satu desa kecil yang berada di Kabupaten Purworejo, jawa Tengah. Di desa itu ada sepasang keluarga yang sederhana yakni Sardjo bin Suhardjo dan istrinya, Murtini. Setrlah sekian lama berumahtangga pasangan ini melahirkan bayi laki-laki sehat pada tanggal 19 Juni 1922. Pasangan Keluarga ini tentu sangat berbahagia dan bersyukurdengan kelahiran bayi tersebut. Selain berkelamin laki-laki, bayi itu merupakan anak pertama yang lahir dalam rumah mereka. Pasangan suami istri itu kemudian memberi nama pada anak laki-laki itu : Ahmad Yani.
    Setelah Ahmad Yani, pasangan Sardjo dan Murni kemudian dikaruniai dua anak perempuan yang masing-masing diberi nama Asmi dan Asina. Dengan demikian dari ketiga anak pasangan Sardjo dan Murni itu, Ahmad Yani merupakan anak laki-laki satu-satunya. Ahmad Yani dan kedua adik perempuannya itu kemudian dirawat dan di didik oleh kedua orangtuanya dalam suasana kesederhanaan dan kesehajaan sebagaimana layaknya kebanyakan anak desa lainnya.
    Kesederhanaan kehidupan keluarga tersebut dapat dilihat dari mata pencaharian bapaknya. Meskipun kakek Ahmad Yani dahulunya adalah seorang kepala desa, namun bapaknya, Sardjo, hanya bekerja sebagai seorang sopir pada keluarga administrateur Jans Hulstjin, yang tinggal di Purworejo.  Jans Hulstijn ini adalah orang Belanda yang menjabat sebagai administrateur di Purworejo.
    Sadar bahwa hanya menjadi sopir kepada keluarga  Jans Hulstjin sebagai satu-satunya gantungan hidup, sardjo bekerja dengan sepenuh hati dan pengabdian. Sikap seperti ini yang menjadikan Sardjo disayangi oleh majikannya. Sikap sayang  Jans Hulstjin ini juga ditunjukan kepada istri dan anak-anaknya.
    Khusus pada anak laki-lakinya, Ahmad Yani, tuan  Jans Hulstjinsangat menyayanginya. Sikap ini muncul bukan dikarenakan sebagai wujud balas budi atas pengabdian dari bapaknya , juga disebabkan karena yani, demikian ia dipanggil, dikenal sebagai anak yang pintar dan cerdas. Satu hal yang selalu menjadi perhatian Jans Hulstjin adalah kesukaan Ahmad Yani pada susunan buku yang ada di rumah majikan bapaknya tersebut.
Share this article :

Post a Comment

Flag Counter
 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. NAJWA MEDIA . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger | Distributed by Way2 Blogger Templates